Perbedaan Mesin Laminating Panas dan Dingin

5

HPRINTL – Mesin laminating adalah salah satu mesin finishing yang merupakan sebuah proses paling akhir dan final. Pada umumnya laminating digunakan untuk melapisi sebuah bahan agar tidak mudah rusak, kotor, tetapi ada juga yang memang sengaja untuk melaminating agar bahan tersebut terlihat berbeda.

Mesin laminating memiliki 3 jenis yaitu mesin laminating panas, mesin laminating dingin dan mesin laminating panas dan dingin. Perbedaannya yaitu terletak dibentuk sehingga fungsi nya agak berbeda. Mari kita simak peredaannya.

Mesin Laminating Panas

Mesin laminating panas yaitu sebuah mesin laminating dengan menggunakan sebuah pemanas (oli/elemen pemanas) untuk membuat sebuah bahan dan plastik laminatingnya menyatu.

Laminating Thermal Homan

Laminating Thermal Homan

Untuk harga plastiknya sedikit lebih mahal karena mengandung lem tersendiri sehingga proses nya lebih singkat dibandingkan dengan mesin laminating dingin. Karena plastik sudah mengandung lem, maka harganyapun lebih mahal dibandingkan dengan plastik yang tidak mengandung lem.

Dalam penggunaan bahan dan plastik tersebut memerlukan suhu 90 – 120 drajat celcius (tergantung dari jenis bahan yang digunakan).

Kelebihan Mesin Laminating Panas

  • Menggunakan mesin laminating panas memang terkenal memililki kualitas yang sangat bagus. Karena mesin laminasi yang memiliki panas akan mengepress plastik sangat kuat sehingga hasil tempelan akan semakin erat.
  • Bahan yang digunakan mesin laminating panas mudah dicari dan dijual di pasaran dengan harga yang terjangkau.
  • Memiliki speed yang cepat

Kekurangan Mesin Laminating Panas

  • Harga dari mesin laminating serta jenis plastik yang digunakan cenderung lebih mahal dibandingkan dengan mesin laminating dingin dan plastiknya.
  • Konsumsi listrik yang sangat tinggi

Mesin Laminating Dingin

Mesin laminating dingin adalah sebuah mesin yang biasanya digunakan untuk melapisi bahan-bahan seperti sticker, sticker transparant, albatros dll yang berbentuk roll.

Laminating Roll

Laminating Roll

Mesin tersebut seringkali digunakan oleh pengusaha percetakan-percetakan digital printing untuk finishing. Untuk ukuran mesin nya paling besar lebar 1,6 meter.

Kelebihan Mesin Laminating Dingin

  • Mesin laminating dingin jauh lebih relatif murah dibandingkan dengan mesin laminating panas. Jenis plastik yang digunakan juga tergolong murah (tidak pakai lem).
  • Bentuk mesinnya hanya lebar 160 x 20 cm saja (tidak terlalu memakan tempat).

Kekurangan Mesin Laminating  Dingin

  • Karena mesin tersebut tidak memakai pemanas, maka akibatnya kualitas bahan dan plastiknya menjadi kurang rekat/kurang menempel.
  • Proses yang lebih panjang karena harus menempelkan lem yang terpisah dengan plastik.

Mesin Laminating Dingin dan Panas

Mesin laminating ini adalah sebuah mesin laminating yang memiliki 2 fungsi yaitu dingin dan panas. Karena mesin tersebut memiliki bentuk yang tidak memakan tempat. Sehingga cocok digunakan di copy center, di sekolahan bahkan dirumah anda.

Laminating Hot Cold

Laminating Hot Cold

Untuk jenis ukuran yang bisa dilaminating mulai dari ukuran KTP, A4, F4, dan A3. Selain itu harga yang ditawarkan juga tidak mahal, serta konsumsi listrik yang tidak tinggi. Cocok dengan anda yang ingin membuka potocopy kecil-kecilan di rumah.

Kelebihan Mesin Laminating Dingin dan Panas

  • Harga mesin masih terjangkau dibandingkan dengan mesin laminating panas
  • konsumsi listrik yang tidak terlalu tinggi
  • bentuk yang kecil sehingga tidak terlalu memakan tempat

Kekurangan Mesin Laminating Dingin dan Panas

  • Ukuran paling lebar sampai A3
  • Memiliki speed yang tidak terlalu cepat dibandingkan dengan mesin laminating pemanas

Sekian informasi tentang Perbedaan Mesin Laminating Panas dan Dingin, semoga bermanfaat.

Leave a Reply