Perbedaan Laser Cutting CO2 dan Laser Cutting Fiber

  • Laser Cutting
5

HPRINTL – Mesin laser cutting adalah mesin yang berteknologi laser yang kegunaannya untuk memotong dan menggrafir sebuah benda atau bahan tertentu.

Mesin laser cutting digunakan untuk memotong berbagai jenis bahan, seperti bahan metal dan non-metal serta fiber laser.

Ada beberapa jenis dari mesin ini yang umum digunakan, namun disini hanya membahas 2 jenis saja yang sudah umum digunakan yaitu mesin laser cutting CO2 dan laser fiber.

Mesin Laser Cutting CO2

Mesin laser jenis ini yang paling banyak digunakan terutama oleh pengusaha seperti advertising. Mesin ini menggunakan tabung CO2.

Laser Oree Cutting

Laser Oree Cutting

Mesin ini juga dibagi menjadi dua tipe yaitu mesin laser cutting metal dan non metal, dan setiap mesin juga berbeda-beda untuk kekuatan power lasernya. Untuk mesin laser non metal untuk power nya sendiri dari mulai 60 watt sampai dengan 130 watt. Dan untuk laser metal non metal kisaran 150 watt sampai dengan 260 watt.

Bahan non-metal yang dipotong umumnya adalah acrylic, tetapi ada juga yang digunakan untuk memotong kayu, bahan HPL namun dengan ketebalan tertentu.

Ada juga CO2 Laser yang dapat memotong bahan metal seperti stainless, namun untuk ketebalan bahannya sendiri terbatas, biasanya maksimal hanya bahan dengan ketebalan 1 mm.

acrylic

acrylic

Hasil potong mesin ini pada bahan metal tidak terlalu bagus, karena pada dasarnya untuk laser cutting ini memang lebih baik untuk memotong bahan non-metal saja.

Mesin Cutting Fiber

Mesin laser fiber ini adalah mesin yang di khususkan untuk bahan-bahan metal saja, karena memang memiliki power laser yang sangat tinggi. Untuk power lasernya sendiri mulai dari 300 watt sampai yang paling besar yaitu mencapai 2000 watt.

Oree Laser Fiber

Oree Laser Fiber

Mesin fiber ini tidak menggunakan tabung laser CO2, mesin ini menggunakan laser yang disebut generator serta sudah memakai motor servo. Untuk hasil potong di mesin fiber ini lebih maksimal dibanding kita potong bahan metal di  mesin yang masih menggunakan CO2, biasanya mesin ini digunakan oleh pabrik2 sparepart, pabrik stainlees steel dan lain-lain.

Dari mesin laser cutting metal ini juga ada beberapa pilihan untuk laser sourcenya, diantaranya:

  • IPG
  • NLIGHT
  • RAYCUS
  • MAX PHOTONIC

Sebagai catatan, tidak semua mesin fiber laser ini dapat dipergunakan untuk memotong bahan kuningan dan aluminium, karena dapat menyebabkan kendala error.

Hanya beberapa saja yang dapat dipergunakan untuk memotong bahan tersebut, tetapi jika untuk bahan stainless atau carbon steel, semua tetap dapat digunakan untuk memotong dengan hasil yang baik.

Harga Mesin Laser

Mesin laser ini banyak perbedaan harga, jika dilihat dari lebar area dan power lasernya sangat mempengaruhi perbedaan harga, semakin lebar area potong dan semakin besar laser powernya, maka semakin tinggi juga harga dari mesin laser tersebut.

Oree Laser

Oree Laser

Untuk mengetahui harga-harga mesin cutting laser CO2 sebagai berikut :

  • Mesin laser cutting lebar area 130×90 mm dengan power laser 130 watt kisaran harga 90 – 100 jutaan
  • Mesin laser cutting lebar area 130×250 mm dengan power laser 130 watt kisaran harga 150- 180 jutaan
  • Mesin laser cutting lebar area 130×90 mm dengan power laser 150 watt kisaran harga 190 – 220 jutaan
  • Mesin laser cutting lebar area 130x 250 mm dengan power laser 150 watt kisaran harga 250 – 290 jutaan

Untuk mengetahui harga-harga mesin laser fibber sebagai berikut :

  • Mesin laser fiber lebar area 130×250 mm dengan power laser 300 watt kisaran harga 600 jutaan
  • Mesin laser fiber lebar area 150×250 mm dengan power laser 800 watt kisaran harga 1 M’an

Sekian infomarasi Perbedaan Laser Cutting CO2 dan Laser Cutting Fiber, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply