Perbedaan Digital Printing Indoor Ecosolvent dan Indoor UV Roll to roll

5

HPRINTL – Jika berbicara tentang digital printing memang tidak ada habisnya, banyak teknologi-teknologi baru di bidang digital printing. Saking banyaknya teknologi baru, ada beberapa orang yang masih belum mengerti perbedaan-perbedaan dari masing-masing mesin.

Salah satunya adalah perbedaan mesin digital indoor ecosolvent dan indoor UV. Mari kita simak beberapa perbedaanya.

Pengertian Mesin Digital Printing

Mesin digital printing adalah mesin cetak/print, biasanya digunakan untuk mereproduksi gambar / teks dari komputer langsung ke media cetak tanpa melalui proses film maupun plat. Mesin digital printing juga disebut large format printer.

Ada beberapa jenis mesin-mesin digital printing salah satunya adalah mesin digital printing indoor. Mesin printing indoor  yaitu mesin digital printing dengan lebar area cetak 1,6 meter yang biasanya digunakan untuk mencetak bahan-bahan seperti sticker,canvas, luster, albatros, wallpaper dll.

Mesin digital printing indoor juga ada beberapa perbedaan dan salah satunya adalah perbedaan antara mesin indoor ecosolvent dan mesin indoor UV.

Mesin Digital Printing Indoor Ecosolvent

Mesin digital printing indoor ecosolvent adalah sebuah mesin indoor yang memiliki area cetak 1,6 meter, biasanya digunakan untuk mencetak bahan-bahan seperti sticker, vinyl, luster dll. Biasanya untuk memperkuat ketahanan pada cetakan digunakan laminasi.

Printer Indoor Xuli Ecosolvent

Printer Indoor Xuli Ecosolvent

yang membedakan antara indoor ecosolvent dan indoor UV adalah di tinta. Tinta Ecosolvent yaitu tinta yang bersifat waterbase. Tinta jenis ini tidak memiliki aroma yang menyengat, karena tinta ecosolvent bersifat waterbase, maka tinta tersebut tidak terlalu tahan dengan sinar matahair dan air.

Tinta yang digunakan harus disesuaikan dengan printhead yang dipakai, misalnya printheadnya memakai Epson Dx 5/7 yaitu pakai tinta yang harus sesuai dengan karakter printhead tersebut.

Tinta Indoor Xuli

Tinta Indoor Xuli

Biasanya tinta mesin indoor ecosolvent Printhead Epson Dx 5/7 dijual diharga Rp. 375.000,-/botol (isi 1 litter) dan cleaner harga Rp. 250.000,-/botol (isi 1 litter).

Baca juga: Perbedaan Digital Printing Outdoor dan Indoor

Dan untuk harga mesin nya kisaran Rp. 90.000.000,-/unit.

Mesin Digital Printing Indoor UV

Mesin digital printing indoor UV adalah mesin indoor yang menggunakan bantuan lampu UV yang berfungsi untuk mengeringkan tinta. Untuk lebar area print nya yaitu 1,6 meter.

Tinta Uv sendiri adalah Tinta cetak yang kering ‘matang’ dengan bantuan lampu ultra violet. Proses UV curing melibatkan polimerisasi atau cross linking dari monomer saat tinta cetak ditimpa sinar UV. Monomer UV mempunyai sensitizer yang menyerap energy sinar UV yang kemudian memicu proses polimerisasi pada monomer.

Xuli Uv 1880

Xuli Uv 1880

Sehingga hasil print dari mesin indoor UV tinta tidak menyerap ke bahan, tetapi tintanya timbul di atas bahannya. Kenunggulan mesin dengan teknologi UV ini  mampu mengeprint hampir disemua bahan.

Baca juga: Jual Mesin Digital Printing Berkualitas

Untuk harga tinta UV printhead Epson DX 5/7 CMYK+W Rp. 750.000.000,-. Dan untuk harga mesin indoor UV kisaran harga Rp. 180.000.000,-/unit (Single Head). dan untuk yang Double head yaitu diharga Rp. 220.000.000,-/unit.

Sekian informasi tentang Perbedaan Digital Printing Indoor Ecosolvent dan Indoor UV, semoga bermanfaat.

Leave a Reply