Perbandingan Digital Printing VS Cetak Offset

  • Teknik Cetak
5

HPRINTL – Banyak yang ingin mengetahui perbedaan antara digital printing dengan cetak offset, lalu untuk kelebihan serta kekurangan dari masing-masingnya.

Pada dasarnya antara digital printing vs cetak offset perbedaan ada pada proses kerjanya, untuk digital print lebih instant dan cepat, karena langsung cetak pada bahan.

Sedangkan untuk offset memerlukan proses yang lebih lama, karena cetakan harus dibentuk terlebih dahulu menggunakan plate offset.

Lalu kemudian setelah itu dilanjutkan dengan memindahkan gambar ke blanket, baru kemudian diteruskan pada bahan yang akan di cetak, dalam hal ini adalah kertas. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak artikel berikut ini.

Digital Printing VS Cetak Offset

Mesin Digital Printing Outdoor

Digital Printing

Kedua jenis proses cetak antara digital printing dan offset sebenarnya sama-sama bagusnya, hanya memang media bahan yang dapat di cetak lebih berbeda variasinya.

Hal yan agak penting adalah mengenai harga, namun itu dilihat dari jumlah yang ingin di cetak, karena dari jumlah cetakannya tersebut baru dapat ditentukan harga dan mana yang sebaiknya digunakan.

Sebagai contoh, jika hanya ingin mencetak dengan jumlah antara 1 – 50 lembar, maka akan lebih tepat menggunakan digital printing dibandingkan dengan cetak offset.

Karena untuk cetak offset sendiri ada minimal jumlah dan harganya, kecuali jika ingin mencetak dengan jumlah 1000 atau lebih, maka pilihan yang tepat tentu dengan menggunakan cetak offset.

Secara umum jika ingin mencetak dengan jumlah sedikit, maka akan lebih ekonomis dan efisien jika menggunakan digital printing.

Namun jika ingin mencetak dengan jumlah yang banyak, maka lebih murah jika menggunakan cetak offset, namun tentu dilihat juga yang ingin di cetak, misalkan saja brosur atau majalah.

Baca juga: Mengenal Dunia Percetakan

Kelebihan Dan Kekurangan

Seperti telah dituliskan, tentu teknik cetak keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Tinggal bagaimana akan dibutuhkannya kedua cara tersebut. Dan juga banyak faktor yang harus diperhatikan.

Secara garis besar, untuk kelebihan dan kekurangannya jika dirangkum untuk kelebihan dan kekurangan antara Cetak Offset VS Digital Printing adalah sebagai berikut:

Cetak Offset

Mesin Cetak Offset

Oliver-272E

Kelebihan:

  • Dapat mencetak dalam jumlah yang banyak di atas ribuan lembar, semakin banyak kuantitas yang dicetak, maka harga perlembarnya akan lebih murah.
  • Dapat mencetak pada tekstur kertas yang kasar dan bergramatur dengan tebal mencapai 300 gsm.
  • Ukuran kertas yang dapat dicetak bisa lebih besar yakni A1 sampai A0.
  • Anda dapat mencetak dengan warna emas dan perak seperti warna stabile untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna.

Kekurangan:

  • Waktu yang dibutuhkan lebih lama, karena proses yang cukup panjang seperti pembuatan film, pembuatan plat cetakan hingga penyetelan tinta pada mesin yang akan digunakan. Selain proses tersebut, adanya proses pengeringan yang membutuhkan waktu lebih.
  • Kurang ramah lingkungan, karena saat proses produksi akan banyak sampah yang berserakan imbas dari sisa uji coba pencetakan.
  • Tidak direkomendasikan untuk cetak satuan, karena harga akan lebih mahal dibandingkan cetak beribu lembar.

Digital Printing

Digital Offset Printing

Digital Offset A3+

Kelebihan:

  • Dapat mencetak dalam jumlah sedikit bahkan satuan, sehingga mempermudah anda untuk mencetak sesuai dengan permintaan
  • Waktu pengerjaan yang lebih cepat tanpa menunggu lama untuk mendapatkan hasil cetaknya.
  • Harga lebih murah untuk skala kecil

Kekurangan:

  • Tidak direkomendasikan untuk mencetak dalam skala besar karena akan membuat warna tidak konsisten
  • Hanya dapat mencetak dengan ukuran A3+ saja.
  • Hanya dapat mencetak dengan gramatur kertas maksimum 270 gsm.
  • Tidak direkomendasikan untuk skala lebih besar, karna harga akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan teknik offset.

Artikel lainnya: Mesin Cetak Banner Dengan Digital Printing

Jadi mana yang lebih baik antara digital printing vs cetak offset

Tentu kembali lagi dilihat kebutuhannya serta quantity dari cetakan, lalu dilihat juga apa yang ingin dibuat, karena ada yang dapat dikerjakan dengan mesin offset tetapi tidak pada mesin digital printing, begitu juga sebaliknya.



Lalu dilihat juga mengenai waktu, apakah mendesak atau dapat menunggu, karena kecepatan proses cetak dari keduanya juga berbeda. Ini bisa dilihat juga dari quantity yang ingin dikerjakan.

Jika ingin membuka usaha pada bidang ini, perhatikan juga mengenai budget, mengingat harga mesin cetak offset yang berkalilipat lebih mahal dibandingkan mesin digital printing.

Lalu perhatikan juga arah pasar yang dituju, karena nantinya tidak hanya membutuhkan mesin tersebut saja, tetapi juga beberapa peralatan pendukung lainnya. Seperti contohnya adalah mesin finishing, yang sebagian harga jualnya juga cukup tinggi.

Demikian artikel mengenai digital printing vs cetak offset ini, semoga membantu, jika ada pertanyaan bisa mengisi kolom komentar dibawah.

Leave a Reply