Cara Kerja Mesin Digital Printing

  • Cara Kerja Digital Printing
5

HPRINTL – Baik tidaknya sebuah mesin digital printing sebenarnya juga akan dipengaruhi dari cara anda menggunakannya. Sehingga sebelum anda memulai sebuah proses  mencetak, pastikan jika memang anda sudah mempersiapkan segala macam hal yang memang dibutuhkan.

Selain itu pastikan jika memang mesin digital printing ini sudah terhubung dengan sebuah sumber tegangan listrik serta dengan PC atau komputer.

Untuk cara kerja dari mesin digital printing serta penggunaannya sebaiknya anda benar – benar harus mengikuti buku petunjuk yang ada, atau panduan teknisi pada saat melakukan instalasi.

Jangan sampai anda menggunakan mesin tersebut diluar buku petunjuk yang ada, jika cara penggunaannya anda menggunakannya secara sembarangan, bukannya tidak mungkin nantinya mesin yang anda gunakan lebih cepat rusak.

Mesin digital printing ini berasal dari sebuah pengembangan mesin cetak tradisional. Dimana cara kerjanya akan lebih mirip dengan printer desktop. Bedanya untuk jenis mesin ini mampu cetak pada beragam media serta dengan ukuran yang besar.

Proses Kerja Mesin Digital Printing

Cara Kerja Mesin Digital Printing

Proses Print

Large Format Printer satu ini akan mulai mencetak dimana sebelumnya desain sudah  ada didalam komputer atau sudah ditransfer pada komputer.

Setelah desain sudah siap maka langsung masuk ke proses cetak dan sipa cetak dengan mesin digital printing tersebut.

Saat proses cetak ini berlangsung , headprinter akan terus bergerak serta menyemprotkan tinta dengan apa yang sudah dikirim dalam komputer tersebut. Sehingga hal inilah yang menjadikan sama antara mesin digital printing dengan mesin printer  desktop.

Cara Kerja Digital Printing

Digital printing adalah proses pencetakan di mana printer digital anda dapat mencetak gambar / foto dalam waktu yang lebih cepat tanpa harus mengorbankan kualitas gambarnya.

Printer ini telah merubah cara melakukan print yang cukup lama menjadi lebih cepat dan nyaman bagi penggunanya.

Digital printing telah memangkas beberapa langkah panjang dan sulit yang dihadirkan oleh mesin cetak biasa. Ia memangkas lama waktu pencetakan dan di saat yang sama menawarkan  harga cetak yang jauh lebih terjangkau.

Aliran printingnya jauh lebih cepat daripada aliran offset printing (cetak offset). Sekali lagi, digital printing bekerja dengan proses yang sangat cepat.

Contoh saja bila ingin mencetak foto, maka prosesnya adalah seperti ini. Begitu juga ketika memotret sebuah foto, yang harus dilakukan adalah mentransfer foto tersebut ke komputer yang terhubung dengan printer digital.

Jika foto sudah ada di komputer, anda bisa membuat berbagai penyesuaian pada foto anda, sesuai dengan yang anda inginkan. Jika sudah, anda bisa langsung melakukan proses print.

Kelebihan Dan Kekurangan Digital Print

Sama seperti dalam proses pencetakan apapun, ada untung dan ruginya dalam digital print. Di antara keuntungan dari digital printing adalah bisa lebih banyak menjelajahi dan memaksimalkan penggunaan warna-warna yang tersedia dibanding yang disediakan oleh offset printing.

Di sisi lain, kerugian atau minusnya dari digital printing adalah ia lebih cepat memudar dibandingkan dengan offset printing jika tidak menanganinya dengan baik.

Print digital tidak memiliki lapisan pelindung sedangkan jenis printing lainnya memilikinya, kecuali jika melakukan proses laminasi lagi.

Namun itu tidak jadi soal selama memaksimalkan penggunaan print digital dengan baik. Perlu diingat bahwa jika anda menggunakannya dengan baik, maka ia bisa memberikan hasil yang baik.

Demikian artikel mengenai cara kerja mesin digital printing serta informasi tambahannya, semoga membantu.

Sumber: Dari berbagai sumber

Leave a Reply